--------------------------------------------

--------------------------------------------

Redaksi Warga Palem Asri menerima tulisan, berita dan artikel dari para warga Palem Asri dan sekitar, silakan hubungi Facebook kami, click di link berikut FB Paguyuban Palem Asri
Redaksi Warga Palem Asri menerima tulisan, berita dan artikel dari para warga Palem Asri dan sekitar, silakan hubungi Facebook kami, click di link berikut FB Paguyuban Palem Asri

Minggu, 16 Oktober 2016

Telegram, aplikasi chatting alternatif selain Whatsapp.

Pernah dengar, organisasi teroris ISIS menggunakan aplikasi Telegram dalam komunikasi internal mereka? Telegram? Kirim surat pendek lewat Pak Pos? Owh, bukan saudara....ini adalah aplikasi chatting Telegram di Android yang akan mengancam Whatsapp! Benarkah? Simak ulasan berikut.

Aplikasi chatting atau kirim text percakapan kepada teman lewat handphone saat ini merupakan aplikasi yang wajib ada di setiap handphone, terutama Android. Dan texting messaging (text chatting) yang paling populer saat ini adalah Whatsapp. Setelah sebelumnya aplikasi Blackberry Messenger (BBM) yang menjadi pilihan utama masyarakat pengguna gadget.

Sekedar intermezzo, penulis pernah mengenyam masa-masa indah jaman keemasan aplikasi BBM (baik dengan handphone Blackberry maupun Android). BBM menjadi alat komunikasi utama dalam berbagai kegiatan, di antaranya bisnis online. Kombinasi antara aplikasi BBM dan media sosial Facebook menjadi alat utama dalam berbisnis online. Namun, lambat laun, munculnya Whatsapp menjadikan BBM meredup sinarnya dan masyarakat saat ini pun menggunakan Whatsapp (WA) sebagai aplikasi chatting utama, disamping juga BBM masih digunakan untuk sebagian orang.

Saat ini, ada aplikasi yang mulai perlahan tapi pasti berusaha merebut hati pengguna gadget. Aplikasi ini namanya Telegram. Diluncurkan tahun 2013, aplikasi Telegram ini dikenalkan, semakin lama semakin bertambah penggunanya. Dari report di playstore, pengguna aktif Telegram sudah mencapai 100 juta orang, hebat kan, dalam waktu 3 tahun sudah mencapai angka itu. Namun tentu saja masih kalah jauh dengan pengguna aktif Whatsapp yang mencapai 1 milyar orang! 

Meskipun begitu, pengamat teknologi menilai Telegram akan menjadi ancaman serius Whatsapp, karena saat ini banyak sudah mengetahui begitu banyak keunggulan dari Telegram dibanding Whatsapp. Mau tahu? Yuk mari kita simak dulu keunikan dari aplikasi Telegram :

Keistimewaan Telegram Yang Harus Diketahui :
Fasilitas Obrolan Rahasia (Secret Chat) Telegram
1. Secret Chat / Obrolan Rahasia. Wah, obrolan rahasia? Ya, di Telegram kita bisa membuat obrolan atau chatting rahasia dengan seseorang. Artinya, chatting ini tidak bisa dibaca oleh siapapun juga, termasuk oleh server Telegram sendiri. Karena fitur inilah, maka sempat tersebar berita, ISIS (organisasi teroris dunia) menggunakan Telegram untuk komunikasi internal mereka. Hehe, ngeri juga. Akan tetapi pihak Telegram tetap berjanji demi keamanan masyarakat dunia, mereka bersedia membantu pihak keamanan untuk membongkar encrypsi (bahasa kode yang dirahasiakan) chat mereka.

2. Ukuran Mengirim File. Jika Whatsapp dibatasi mengirim file/foto/Video hanya hingga 16 Mb, maka Telegram menawarkan ukuran kirim file hingga 1.5 Gb ! Luar biasa bukan? Artinya kita bisa kirim-kirim file berukuran besar, misal video atau file lain dengan ukuran hampir “tak terhingga” loh.Ck ck ck....

3. Jumlah member Grup. Untuk Whatsapp, jumlah anggota grup awalnya dibatasi hingga 50 orang saja, namun saat ini bertambah hingga 200 orang. Lumayan. Akan tetapi Telegram memiliki kapasitas jumlah anggota grup hingga 5000 orang bos....Wew! Dengan kapasitas sebesar ini bisa saja satu kecamatan Tajurhalang dengan grup Telegram cukup 1 saja. Hehe.

Sticker Telegram
4. Free Sticker dan Emoji. Telegram memiliki fitur sticker yang menarik serta emoji yang semuanya gratis. Fitur ini akan menambah cantik dan menarik chatting kita di grup maupun personal (japri).

5. Bot pencari gambar animasi dan video. Fitur ini memberikan fasilitas pada kita untuk mengirim gambar animasi (format gif) dan video dari internet hanya dengan menggunakan kode @gif ”katakunci” untuk gambar animasi dan @vid “katakunci” untuk pencari video dari youtube. Misal @gif tom&jerry dan @vid offroads, akan muncul pilihan animasi dan video seperti pada gambar berikut :
Bot pencari video untuk chatting Telegram
Bot pencari gambar animasi untuk chatting Telegram


6. Kecepatan, Ringan, Gratis dan No Iklan. Kelebihan Telegram dibanding Whatsapp adalah kecepatan dan ringannya ketika berkirim pesan. Karena, ukuran aplikasi Telegram hampir setengah dari Whatsapp. Lebih dari itu, Telegram menggunakan basis Cloud system untuk penyimpanan data server, artinya, handphone kita tidak bekerja terlalu berat ketika menjalankan aplikasi ini. Telegram juga gratis dan tanpa embel-embel iklan bos. Jadi kita bisa chatting dengan aman dan nyaman tanpa mikir soal bayar dan gangguan iklan. Hmmm...nikmat nian :)

Tagline / Semboyan Telegram
Itulah di antara kelebihan-kelebihan dari aplikasi Telegram, selain banyak lagi kelebihan yang lain. Misal Telegram bisa diinstal di komputer dengan tanpa mempedulikan apakah handphone kita terkoneksi dengan internet atau tidak. Yang penting komputer tetap ada koneksi internet, kita bisa chat di Telegram lewat komputer/pc. Sedangkan Whatsapp belum bisa fitur seperti ini. Nah, jadi pilih yang mana...Telegram atau Whatsapp? Hehe. Penasaran dengan aplikasi Telegram, yuk dicoba diinstal dengan link berikut : https://play.google.com/store/apps/details?id=org.telegram.messenger 

SHARE
Redaksi Warga Palem Asri menerima tulisan, berita dan artikel dari para warga Palem Asri dan sekitar, silakan hubungi Facebook kami, click di link berikut FB Paguyuban Palem Asri

Designed By Paguyuban Warga Palem Asri