--------------------------------------------

--------------------------------------------

Redaksi Warga Palem Asri menerima tulisan, berita dan artikel dari para warga Palem Asri dan sekitar, silakan hubungi Facebook kami, click di link berikut FB Paguyuban Palem Asri
Redaksi Warga Palem Asri menerima tulisan, berita dan artikel dari para warga Palem Asri dan sekitar, silakan hubungi Facebook kami, click di link berikut FB Paguyuban Palem Asri

Senin, 24 Oktober 2016

Solusi Android Yang Mulai Lambat (Lemot)

Tips Mengatasi Android Lambat (Image sumber : d.ibtimes.co.uk)
Salah satu permasalahan pada handphone Android yang sering kita jumpai adalah hape Android kita yang mulai terasa lemot alias lambat. Buka aplikasi ini lambat, mau ngetik keluar hurufnya lama, buka foto-foto butuh waktu lama, duh gak nahan banget itu. Rasanya pengin dilempar saja hape kita. Haha, eits ... ! Sabar ya, solusi melempar hape itu alternatif paling terakhir, urutan nomer ke sejuta lah kira-kira. Karena ada solusi yang handal yang saya bagikan untuk Anda yang merasa Hp Android nya terasa lambat. Mari disimak...

1. Update System Operasi (OS) Android
Jika Android Anda terasa lambat, pastikan apakah Android yang terinstall di hp kita adalah Android versi terbaru, atau sudah terupdate.
Cara mengetahui apa Android kita sudah terupdate adalah dari menu Setelan > Tentang Ponsel > Klik di Pembaharusan Sistem. 
Dari sana akan diketahui apakah Sistem Android kita sudah paling baru (terupdate) ataukah belum. Jika belum, maka akan ada opsi perintah download dan install pembaruan.
Namun tidak semua handset (hp) memiliki opsi ini. Ada hp tertentu yang vendornya tidak menyediakan fasilitas update. Untuk kasus seperti ini, kita tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Hehe. Akan tetapi solusi mempercepat kinerja Android banyak ada yang lain kan? Ikuti langkah selanjutnya.

Icon aplikasi yang berulang (double) bisa menambah beban memori
2. Optimalisasi Home Screen
Solusi kedua untuk hp Android anda yang mulai terasa lambat adalah Membersihkan Home Screen. Ini adalah langkah yang mudah dan remeh. Tetapi langkah ini sangat berguna dan jarang diperhatikan orang. Biasanya di Home screen hape kita ada begitu banyak icon-icon aplikasi. Ada aplikasi yang sering kita gunakan, ada juga aplikasi yang baru terinstall bahkan yang jarang digunakan pun ada 'nampang' di Home Screen atau juga ada icon-icon yang double (seperti pada gambar). Secara teknis, hal ini akan menambah beban dari memory hape kita. Karena itu, ada baiknya tampilan di Home Screen dibersihkan dari icon-icon aplikasi yang tidak terlalu penting. 
Caranya, buka tampilan Home Screen, kemudian klik dan tahan pada icon aplikasi yang akan dibuang, hingga muncul icon tempat sampah. Lalu seret (drag) ke aplikasinya ke icon tempat sampah tersebut. 

3.  Matikan atau Uninstall Aplikasi Tidak Penting
Adakalanya kita meng-install aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu kita perlukan. Atau kita hanya coba-coba ingin tahu aplikasi seperti apa itu, lalu kita lupa untuk tidak menghapusnya. Akibatnya, di Android kita ada banyak aplikasi-aplikasi yang terinstall. Banyaknya aplikasi yang terinstall ini selain mengurangi kapasitas memori internal, juga akan membebani kinerja hape kita. Selain itu, jika aplikasi itu dibiarkan berjalan padahal tidak kita gunakan, maka akan makin menambah lambat kerja hape Android kita. Maka lakukan efisiensi aplikasi dengan cara berikut :
a. Remove atau Unistall aplikasi yang kurang atau tidak begitu penting.
b. Nonaktifkan atau Stop Aplikasi yang sedang berjalan, dengan cara :
Buka Setting (setelan) > Aplikasi > Klik salah satu aplikasi, kemudian klik Matikan atau Disable. Jika perlu di Uninstall.
Efisiensi Aplikasi Android. Copot atau Paksa Berhenti untuk mengurangi beban memori

4. Hapus dan Bersihkan File Cache Aplikasi
Apa sih Cache Aplikasi itu? File Cache adalah data dari sistem perangkat yang merupakan jejak dari setiap operasi aplikasi. Secara sederhana, File cache ini sebenarnya akan mempercepat kerja sebuah aplikasi namun jika file cache ini terlalu banyak malahan akan mengganggu kinerja perangkat hp secara umum.
Cara membersihkan file-file cache aplikasi adalah sebagai berikut :
Buka Setelan (setting) > masuk ke Aplikasi > Penyimpanan > Hapus Cache. Atau bisa juga dari Setting > Penyimpanan Internal > Klik Data dalam Cache > OKE untuk mengkonfirmasi menghapus data cache (khusus Android versi Marshmallow).
Menghapus File Cache untuk memperingan kinerja perangkat
Menghapus file cache ini juga bisa dilakukan dengan aplikasi Clean Master atau CC Cleaner. Penulis menggunakan 2 cara, yaitu hapus manual dan via aplikasi Clean Master. 

5. Mematikan Auto-Synchronize
Synchronizing adalah kondisi di mana aplikasi menerima informasi yang masuk dan memberitahukan pada kita tentang informasi tersebut. Seting Auto Synchronize berarti aplikasi-aplikasi tersebut akan secara otomatis dan real time menerima informasi yang masuk dan memberitahukannya pada kita, meskipun kita tidak sedang membuka/mengakses aplikasi tersebut. Aplikasi-aplikasi yang biasanya menggunakan Auto_Sync ini adalah seperti e-mail, aplikasi Sosmed seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya. 
Jika perangkat Android anda sudah terasa berat, maka tidak ada salahnya kita matikan dulu fitur Auto Sync ini. Artinya ketika fitur ini off, maka kita perlu mengupdate informasi secara manual, atau kita akses aplikasinya dan kita refresh. Dari situ akan muncul notifikasi update informasi terbaru.
Cara mematikan fitur Auto-Sync :
Klik Setelan (Setting) > Akun > Klik di Setelan Atas, matikan Otomatis Sinkronkan Data (Jangan dicentang).

Menonaktifkan Fitur Automatic Synchronize



6. Matikan Handphone, Copot Baterai dan SIM Cards
Kelima langkah di atas adalah langkah-langkah troubleshot secara aplikasi dan system. Ada satu cara lagi yang harus kita perhatikan dalam mengatasi masalah lemotnya perangkat Android kita.Cara tersebut adalah secara perangkat keras (hardware), yaitu dengan rutin mematikan hape, lalu melepas baterai dan SIM Card, serta copot SD Card. Diamkan perangkat selama 2-3 menit atau hingga hape sudah ada penurunan suhu. Penulis sudah praktekkan sendiri, dengan langkah ini perangkat Hp Android akan terasa lebih cepat lagi. :)


7. Factory Reset atau Kembali Setelan Pabrik. 
Jika dengan 6 langkah di atas, perangkat Android anda masih saja terasa berat, maka langkah terakhir adalah dengan Reset Setingan ke Factory Reset atau Kembali Setelan Pabrik. Cara ini tentu lebih riskan karena akan menghilangkan aplikasi-aplikasi yang sudah kita install, dan juga data-data lain.

Untuk melakukan Reset Factory ini ada baiknya kita lakukan backup (Cadangkan) terlebih dulu. Cara nya adalah :
Masuk Setelan > Buat Cadangan & Setel Ulang > Kembalikan ke Setelan Pabrik.
Karena reset pabrik sangat riskan, insya Allah pada tulisan lain akan dikupas cara aman mereset ulang hape Android. Saran saya, jangan dilakukan reset ini jika belum siap dengan backup/cadangan-nya.

Itulah cara-cara taktis mengatasi lambatnya Perangkat HP Android kita, semoga bermanfaat ya. Jika ada komen atau pertanyaan silakan di kolom komentar. (Nunung Indriyanto)

SHARE
Redaksi Warga Palem Asri menerima tulisan, berita dan artikel dari para warga Palem Asri dan sekitar, silakan hubungi Facebook kami, click di link berikut FB Paguyuban Palem Asri

Designed By Paguyuban Warga Palem Asri